Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 hari minggu libur
Beranda » Informasi terbaru » Serba serbi kecantikan

Serba serbi kecantikan

Diposting pada 19 June 2016 oleh Jilbab anak

Serba serbi kecantikan

Apa yang  pertama kali terbersit dibenak anda ketika mendengar kata “cantik”? Apakah yang terbayang adalah fisik? Atau lebih pada kepribadian? Banyak definisi kecantikan selama ini, karena cantik memang relatif dan subjektif. Cantik ada beberapa macam, pertama, cantik secara spiritual, artinya memiliki kedekatan hubungan dengan Allah dan menjadi hamba yag taat. Kedua, cantik secara emosional, maksudnya memiliki rasa malu, santun, amanah dan dapat menjaga kehormatan dan kesucian diri. Keempat adalah cantik secara intelektualitas, artinya cerdas dan tidak membiarkan dirinya direndahkan, dilecehkan, dan di eksploitasi. Yang kelima, tentu saja cantik secara lahiriah, kecantikan fisik.

Jadi, bolehkah muslimah menjadi cantik dan melakukan usaha agar menjadi cantik? Tentu saja boleh. Hanya saja yang perlu diingat adalah luruskan kembali niat kita. Usaha yang kita lakukan adalah dalam rangka merawat tubuh yang merupakan karunia allah yang harus disyukuri serta tetap berada dalam koridor-koridor islam.

Saat ini banyak usaha untuk meremjakan kulit (skin rejuveniting) yang dilakukan agar kulit tampak lebih ‘cling’, diantaranya adalah dengan memakai bahan-bahan alami seperti jamu dan umbi-umbian, pengelupasan dengan bahan kimia seperti pemakaian AHA dan TCA, pengelupasan secara fisik dengan masker dan lulur, augmentasi dengan pemakaian silikon dan kolagen, serta penggunaan toxin seperti suntik botox (botunilum toxin). Pemilihan berbagai tindakan diatas tentunya bergantung pada diri masing-masing. Yang perlu diperhatikan bagi kita para muslimah nih,  adalah tetap memperhatikan aturan Allah. Mempercantik diri dengan hal yang dilarang seperti mengubah bentuk fisik dan sebagainya harusnya tak sampai terjadi. Alih-alih pengen cantik, eh cantiknya malah tidak berkah.

Wajah bisa dibilang menjadi bagian paling penting bagi seorang perempuan ya. Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa kulit kita terlihat lebih tua, ada beberapa faktor. Pertama, seringnya terpapar sinar matahari. Ini akan membuat kulit terlihat lebih tua 20 tahun. Kedua, stress. Stress akan membuat kulit terlihat lebih tua tiga tahun. Ketiga, hidup di kota besar. Banyaknya polusi akan membuat kulit terlihat lebih tua lima tahun. Keempat, diet ekstrem. Ini akan membuat kulit lebih tua sepuluh tahun. Jadi, hindari hal-hal diatas semaksimal mungkin ya.  Untuk merawat kulit  wajah ada beberapa tips sederhana agar kulit menjadi sehat dan cantik.

1. Gunakan masker yang terbuat dari bengkuang. Bengkuang diparut, diperas, dan endapan perasan bengkuang itu dipakai untuk masker wajah. Bengkuang mmiliki khasiat memutihkan dan mendinginkan kulit.

2. Untuk wajah berminyak, gunakan masker mentimun. Mentimun dapat membersihkan kuilit muka yang berminyak dan mengurangigangguan kulit yang gatal.

3. Hindari memakai bedak saat beraktivitas berat yang mengeluarkan banyak keringat, karena justeru akan membuat kulit wajah lusuh.

4. Gunakan pelembab seusai wudhu. Pemakaian pelembab secara teratur akan membuat kulit terlihat bening.

5. Rawat kulit wajah dengan membersihkanya dengan susu pembersih, dilanjutkan penyegar setiap selesai beraktivitas. Agak ribet memang, tapi bukankah yang serba instan itu kurang baik?

6. Minum banyak air putih untuk menjaga kelembapan kulit.

7. Perawatan harian secara alami bisa menggunakan air teh (yang telah diendapkan semalam) untuk cuci muka.

8. Terakhir, istirahatlah yang cukup.

Selain itu ada pula hal-hal pendukung agar badan bugar  dan pikiran sehat untuk kemudian memancarkan kecantikan dari dalam.

1. Istirahat yang berkualitas

Tidur malam adalah satu hal yang penting untuk menunjang kesehatan pikiran dan badan. Pastikan selalu merasa nyaman saat tidur malam. Ciptakan kamar yang sejuk, tenang, dan bersih.

2. Tempat tinggal yang nyaman, tenang dan bersih

Pengaruh dari hal ini akan sangat menganggu kinerja otak dan faktor psikologis. Bagaimana kondisi hati anda jika pulang dengan disambut suasana berisik dan kotor? Tidak nyaman bukan? Maka pilihlah baik-baik lingkungan yang tenang, nyaman dan bersih saat memilih tempat tinggal.

3. Makan-makanan yang sehat

Pola makan anda sangat menentukan kesehatan tubuh dan berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh. Lebih dari itu, makanan yang Anda makan akan sangat berpengaruh pada bentuk fisik Anda. Jika anda mau terlihat segar, makanlah makanan-makanan yang segar-segar pula seperti sayur dan buah. Usahakan proses pembuatan makanan tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi, kolesterol, dan zat-zat berbahaya seperti pewarna dan pengawet. Makanan yang diolah dengan direbus, dikukus, dipanggang akan lebih baik dari pada digoreng.

4. Olahraga secara teratur

Jangan sepelekan hal yang satu ini. Mungkin dengan berbagai alasan kita memutuskan untuk tidak berolahraga. Entah karena sibuk, malas atau alasan yang lain. Padahal, jarang olahraga akan membuat kulit kendur dan tubuh loyo serta pikiran mumet. Selalu buat jadwal yang baik untuk berolahraga. Misal seminggu 3 kali atau setiap hari juga boleh. Olahraga yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan mengencangkan otot-otot yang kendur.

5. Manajemen pikiran

Hidup ini memang kompleks. Setiap orang pasti punya masalah. Pikiran anda sebaiknya back to nature, kembalilah ke pola hidup alami. Baik itu pola makan, pola tidur, pola aktvitas, pola rekreasi, dsb. Jangan campur adukkan pikiran Anda dengan orang lain. Hadapi saja apa yang sedang Anda alami saat ini, toh tak selamanya akan seperti itu. Yang terpenting, buat perencanaan untuk masa depan, selalu dekatkan diri kepada Allah dan berkomunikasilah sesering mungkin.

Akhirnya, kecantikan itu sudah dianugerahkan oleh Sang Maha Pencipta sesuai porsi masing-masing. Ciptaan Allah itu sempurna dan setiap perempuan punya kecantikan masing-masing. Bagaimanapun kondisi fisik kita, itulah yang terbaik bagi kita. Jangan hanya demi kecantikan fisik malah main tubruk koridor agama. Yang bisa kita lakukan adalah mensyukuri dan merawatnya dengan baik. Karena kecantikan itu memang penting, tapi bukan segalan

Sumber: Indriya R. Dani

Bagikan informasi tentang Serba serbi kecantikan kepada teman atau kerabat Anda.

Serba serbi kecantikan | Produsen Hijab Anaya

Belum ada komentar untuk Serba serbi kecantikan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
TERIMA KASIH TELAH MEMILIH ANAYA HIJAB FAST RESPONSE HUBUNGI WA 0816.173.73.173 DAN HP 0822.4922.1945
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan